Menu

Apa Itu Sekolah International Baccalaureate (IB)?

Juni 28, 2019 - edukasi

Sekolah-sekolah International Baccalaureate (IB) berkomitmen untuk pendidikan lintas budaya yang aktif dan kreatif serta memungkinkan para siswa peserta sekolah menengah keatas IB untuk belajar di universitas-universitas di segala penjuru dunia. Tujuan dari pengajaran IB yaitu membuat siswa menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, bersosialisasi dan menerapkan pengajaran lintas budaya untuk mempromosikan ketentraman dunia. Sekolah IB menjadi populer dalam sebagian tahun terakhir ini, dan ada lebih banyak program IB di sekolah negeri dan swasta dari sebelumnya.

Sejarah IB
Program IB dioptimalkan oleh para guru di International School of Geneva. Para guru ini menjadikan program pendidikan untuk siswa internasional yang pindah dan yang mau berkuliah di universitas. Program awal difokuskan pada pengembangan program pendidikan untuk mempersiapkan siswa masuk perguruan tinggi atau serangkaian ujian yang semestinya dilalui siswa ini untuk masuk universitas. Sebagian besar sekolah IB awal adalah sekolah swasta, namun kini separuh dari sekolah IB didunia adalah sekolah umum. Bangkit dari program-program awal mula ini, Organisasi International Baccalaureate yang berbasis di Jenewa, Swiss, didirikan pada tahun 1968, mengawasi lebih dari 900.000 siswa di 140 negara. Amerika Serikat mempunyai lebih dari 1.800 IB World Schools.

Baca Juga: IB School Jakarta

“Pernyataan Internasional bertujuan untuk mengoptimalkan generasi muda yang mau tahu, berpengetahuan, dan juga peduli yang diharapkan dapat menjadikan dunia yang lebih baik dan tenteram dengan pemahaman dan rasa hormat antarbudaya.”

Program IB
1. Program tahun awal, untuk anak-anak umur 3-12, membantu anak-anak mengoptimalkan sistem penelusuran sehingga mereka bisa mengajukan pertanyaan dan berpikir secara kritis.
2. Program tahun menengah, dari umur 12 sampai 16, membantu anak-anak membuat kerjasama antara mereka dan dunia yang lebih luas.
3. Program diploma (baca lebih lanjut di bawah) untuk siswa berusia 16-19 tahun mempersiapkan siswa untuk studi di universitas dan untuk kehidupan yang bermakna di luar universitas.
4. Program yang berhubungan dengan karir berlaku untuk siswa yang mau melanjutkan studi berhubungan dengan karir.

Sekolah IB familiar karena banyaknya aktivitas di kelas tentang pengetahuan yang menarik minat beserta pertanyaan-pertanyaan para siswa. Tidak seperti di kelas tradisional, di mana guru merancang pembelajaran, anak-anak di kelas IB membantu memberi bimbingan pelajaran kepada mereka sendiri dengan mengajukan pertanyaan seputar pembelajaran tersebut. Walaupun siswa tidak mempunyai wewnang utama atas ruang kelas, mereka dapat membantu berkontribusi untuk berdiskusi dengan guru mereka dari mana pembelajaran dioptimalkan. Selain itu, ruang kelas IB biasanyanya bersifat lintas disiplin, artinya mata pembelajaran diajari di beragam bidang. Siswa bisa belajar seputar dinosaurus dalam sains dan menggambar dinosaurus di kelas seni, sebagai contohnya. Ini berarti bahwa siswa berprofesi pada titik kemahiran dalam bahasa kedua mereka.

Program Diploma
Prasyarat untuk ijazah IB sungguh-sungguh ketat. Siswa harus membuat esai panjang sekitar 4.000 kata yang membutuhkan banyak penelitian, menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan berbasis penelusuran yang ditekankan program semenjak tahun-tahun awal. Program ini juga menekankan kreativitas, perbuatan, dan layanan, dan siswa seharusnya mengatasi syarat-syarat di segala bidang ini, termasuk layanan masyarakat. Siswa dituntut untuk berupaya kritis seputar bagaimana mereka mendapatkan pengetahuan dan mengukur mutu informasi yang mereka terima.

Banyak sekolah merupaka IB secara penuh, yang berarti segala siswa berpartisipasi dalam program akademik yang ketat, sementara sekolah lain menawarkan siswa memilih calon diploma IB penuh atau mereka cuma bisa mengambil pilihan mata pembelajaran dan bukan kurikulum IB penuh. Partisipasi parsial dalam program ini memberi siswa pengalaman dari program IB namun tak membuat mereka memenuhi persyaratan untuk diploma IB.

Dari sebagian tahun terakhir, program IB sudah berkembang di Amerika Serikat. Para siswa dan program-program mereka merupakan persiapan yang solid bagi para siswa untuk eksis di dunia global. Dengan itu, siswa semestinya mempunyai pendidikan dalam pemahaman lintas budaya dan keterampilan bahasa asing lain dihargai dan ditingkatkan. Selain itu, para pakar mempunyai program bermutu tinggi, dan program-programnya adalah untuk pengendalian mutu dan komitmen pada siswa dan guru mereka.

Simak Juga: Sekolah Internasional di Jakarta