Menu

Mengenal Fungsi dari Mesin Fotocopy dan Komponen-Komponennya

Oktober 22, 2019 - edukasi

Para pelajar mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi tentu mengenali wujud mesin fotocopy karena seringnya menggunakan mesin ini untuk menggandakan bahan pelajaran demi kebutuhan belajarnya. Begitu pula dengan para pekerja dari mulai karyawan swasta hingga pegawai negeri yang bidang pekerjaannya memerlukan mesin fotocopy. Sebenarnya, apa saja fungsi darimesin fotocopy? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal tersebut beserta komponen-komponen dari mesin fotocopy.

Fungsi dari mesin fotocopy yang utama adalah menggandakan dokumen dengan mencetaknya per lembaran kertas menggunakan tinta berwarna atau tinta hitam saja. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, fitur pada mesin fotocopy ditambahkan, sehingga mesin fotocopy juga bisa dijadikan mesin fax, scan dokumen atau gambar, mencetak dokumen bahkan bisa pula mencetak foto. Mesin fotocopy menjadi semakin canggih dengan adanya fitur-fitur tambahan tersebut.
Apabila Anda mempunyai perangkat mesin fotocopy di kantor atau bisnis jasa fotocopy, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu cara kerja dari mesin fotocopy dengan mengenali komponen-komponen mesinnya.

Baca Juga: Harga Mesin Fotocopy Canon

Berikut ini beberapa komponen dari mesin fotocopy yang perlu dikenal, yaitu:

1. Mainboard

Mainboard adalah komponen utama dari mesin fotocopy karena bagian ini berfungsi untuk mengendalikan ‘otak’ mesin fotocopynya. Apabila terjadi kerusakan pada komponen ini, harga penggantiannya cukup mahal karena melakukan penggantian bagian utamanya.

2. Power supply
Power supply termasuk komponen penting dari mesin fotocopy karena alat ini berfungsi untuk memberikan daya listrik pada mesin fotocopy. Apabila power supply rusak, Anda bisa menggantinya dengan power supply baru.

3. Drum
Drum merupakan komponen mesin fotocopy yang digunakan untuk mengerjakan proses mencetak gambar. Cara kerja bagian ini yaitu memantulkan proyeksi yang diciptakan dari komponen mesin lainnya. Harga komponen drum ini cukup mahal, dapat menempuh 6-8 juta untuk setiap unitnya. Dibagian drum ada bagian-bagian lain seperti korona atas dan cleaning blade.

Cek Juga: Paket Usaha Fotocopy

4. Heater
Heater atau pemanas termasuk komponen mesin fotocopy yang berfungsi mempres hasil fotocopy supaya tidak luntur tintanya. Komponen bagian dari heater cukup banyak, antara lain upper dan lower rool, claw, termistor serta korona bawah.

5. Developing
Komponen dari mesin fotocopy ini termasuk komponen yang penting. Developing berfungsi seperti layaknya penampung tinta atau toner sebelum dialirkan ke komponen drum mesin. Komponen ini berdampingan dengan sensor developing yang akan mendeteksi ketersediaan tinta di developernya. Apabila kosong atau belum diisi, maka akan timbul keterangan error code.

6. Lampu scanner
Fungsi dari lampu scanner yaitu untuk mengerjakan proses scan pada dokumen. Letak komponen ini berada pada permukaan kaca di atas mesin fotocopy. Apabila mesin fotocopy dihidupkan, lampu scanner akan menyala dengan menimbulkan cahaya yang sangat terang.

Simak Juga: Harga Mesin Foto Copy

7. Automatic Document Feeder
Fungsi dari Automatic Document Feeder atau ADF yaitu untuk mengerjakan proses mencetak dokumen secara otomatis. Selain itu, ADF juga berfungsi untuk menutupi mesin fotocopy karena lokasinya berada di komponen atas mesin tersebut.

Itulah beberapa komponen bagian dari mesin fotocopy yang bekerja untuk menghasilkan cetakan berkualitas. Fungsi mesin fotocopy memang tampak sederhana, tetapi manfaat mesin fotocopy sangatlah banyak karena membuat proses mencetakan dan penggandaan dokumen menjadi semakin mudah. Tetapi jika seandainya komponen mesin fotocopy mengalami kendala, ada baiknya Anda langsung mengeceknya supaya tidak semakin rusak. Sekian pembahasan dari kami, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Kunjungi Juga: Harga Mesin Fotocopy