Menu

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sistem Penyiram Rumah

Februari 3, 2021 - edukasi

Delapan puluh persen kematian akibat kebakaran terjadi di tempat tinggal. Terlepas dari statistiknya, alat penyiram kebakaran rumah belum menjadi mandat kode dalam konstruksi rumah baru, dan beberapa pemilik rumah yang memiliki opsi memilih untuk memasukkan investasi penyelamatan jiwa ini di rumah mereka.

Kasus untuk Penyiram Rumah
Kesalahpahaman umum tentang sistem sprinkler (juga disebut sistem perlindungan kebakaran perumahan dan sistem pemadam kebakaran perumahan) mencegah orang untuk memasukkannya ke dalam rumah mereka. Ketakutan akan kepala sprinkler yang salah arah dan keyakinan bahwa api ruangan mengaktifkan seluruh sistem adalah dua kesalahpahaman yang umum.

“Film-film Hollywood menunjukkan alat penyiram meledak di mana-mana. Inilah yang orang pikirkan, dan sangat disayangkan. Sebenarnya, kejadian kepala sprinkler yang salah arah sangat jarang terjadi (satu produsen mengklaim kemungkinannya 1 dari 16 juta), dan sistem dirancang sehingga hanya kepala sprinkler yang secara langsung terpengaruh oleh panas api yang diaktifkan, bukan seluruh sistem.

Sistem sprinkler perumahan akan menghemat uang pemilik rumah jika terjadi kebakaran. Saat diaktifkan, kepala sprinkler akan menyemprotkan 15 hingga 20 galon per menit. “Delapan puluh hingga sembilan puluh persen kebakaran dipadamkan dengan satu kepala sprinkler. Kerusakan air akibat kebakaran yang ditekan oleh sistem penyiram rumah menimbulkan biaya rata-rata lebih rendah ketimbang kerusakan air dari kebakaran yang dipadamkan oleh pemadam kebakaran. Kepala sprinkler akan memadamkan api sebelum membesar, sementara pemadam kebakaran mungkin membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit untuk sampai ke sana, dan ketika mereka melakukannya mereka membuang 250 galon per menit dan membuat lubang di atap untuk matikan apinya.

Di beberapa negara bagian, sistem sprinkler perumahan sekarang diperlukan oleh kode dalam konstruksi baru dan model ulang berukuran tertentu.

Simak Juga: Harga Refill Apar

Sistem Sprinkler yang Berdiri Sendiri vs. Multi Guna
Ada dua jenis utama sistem sprinkler perumahan: berdiri sendiri dan multi guna. Meskipun kedua sistem mengandalkan pasokan air rumah, sistem yang berdiri sendiri menggunakan perpipaannya sendiri, dan mungkin memerlukan perangkat aliran balik. Sistem yang berdiri sendiri akan menggunakan pipa plastik atau tembaga fleksibel. Jika sebuah rumah mengandalkan sumur untuk air, tangki penyimpanan dan pompa akan diperlukan untuk memastikan pasokan air yang cukup untuk sistem jika terjadi kebakaran. Ukuran tangki penyimpanan dapat bervariasi tergantung pada ukuran sistem, dan beberapa kode memerlukan tangki berukuran minimum.

Air dalam sistem yang berdiri sendiri tidak bersirkulasi, dan mungkin rentan terhadap stagnasi, tergantung pada perpipaan yang digunakan. Pipa plastik oranye kami tidak akan menimbulkan korosi atau meninggalkan sedimen sehingga tidak perlu perawatan.

Sistem sprinkler serbaguna berbagi pipa ledeng rumah; setiap kali air mengalir ke mana saja di rumah, air tawar mengalir melalui pipa. Jenis sistem ini memastikan bahwa jika terjadi kebakaran, air yang tidak tergenang akan dilepaskan. Sistem multi guna dipasang selama konstruksi rumah baru, dan dirancang khusus untuk rumah. Penambahan atau pemodelan ulang yang berusaha untuk mengembangkan sistem penyiram multi guna bisa sangat sulit.

Sistem sprinkler perumahan akan menyertakan alarm aliran yang membunyikan peringatan ketika sistem telah diaktifkan. Bel alarm yang dipasang di luar rumah dapat mengingatkan tetangga akan aktivasi sistem jika pemilik rumah tidak ada. Beberapa sistem dapat dirancang untuk memperingatkan pemadam kebakaran setempat jika terjadi aktivasi, dan yang lainnya dapat dikaitkan dengan sistem keamanan rumah.

Kepala sprinkler yang digunakan dalam sistem ini akan berbeda menurut pabrikan, tetapi sebagian besar diaktifkan dengan panas. Beberapa fitur bohlam berisi cairan khusus yang mengembang pada tingkat yang konsisten saat terkena panas – pada suhu yang ditentukan bohlam akan pecah, mengaktifkan kepala penyiram. Kepala sprinkler lainnya mungkin memiliki sambungan solder yang meleleh pada suhu tertentu. Satu sprinkler biasanya cukup untuk memberikan perlindungan untuk ruangan berukuran rata-rata. Kamar yang lebih besar mungkin membutuhkan dua. Kepala sprinkler perumahan hadir dalam berbagai desain yang berkisar dari kepala jari-jari logam yang tampak komersial hingga cakram yang ramping dan ramah dekorasi.

Pemasangan, Retrofit, dan Biaya
Cara termudah untuk memasang sistem penyiram rumah adalah selama konstruksi baru, meskipun retrofit dimungkinkan. Kedua jenis sistem dapat berdiri sendiri atau multi guna dan biasanya dipasang oleh penginstal khusus. Sangat umum untuk melihat kontraktor menawarkan instalasi dan layanan keselamatan dan keamanan kebakaran. Di beberapa daerah, kontraktor pipa mungkin memasang sistem.

Waktu pemasangan akan bervariasi tergantung pada ukuran dan sifat proyek. Dalam retrofit, pemasang dapat menggunakan rencana rumah atau mengukur bangunan untuk menyusun rencana sistem, membuat perkiraan, dan menulis proposal untuk ditandatangani oleh pemilik rumah. Setelah sistem dirancang, proses perizinan mungkin berlaku. Diperlukan waktu sekitar 30 hingga 45 hari untuk mendapatkan izin, yang menambahkan bahwa pemasangan dua lantai seluas 3.000 kaki persegi mungkin membutuhkan waktu seminggu hingga sepuluh hari untuk menyelesaikannya, tergantung pada variabel seperti rangka terbuka, balok yang kokoh, loteng dan ruang merangkak.

Kunjungi Juga: Isi Ulang Pemadam Kebakaran